Penyebab Pori-Pori Wajah Membesar Dan Cara Mengecilkannya

Kalian tau ga dear? Masalah pada wajah yang cukup mengganggu Selain jerawat dan  komedo adalah pori pori wajah yang semakin membesar. Keadaan tersebut bisa mengganggu penampilan, terutama saat menggunakan makeup. Wajahmu akan  tampak terlihat memiliki lubang-lubang kecil dan juga membuat kulit mu terasa kasar. 

Dan juga pori-pori wajah yang membesar ternyata rentan terhadap masalah kulit seperti  jerawat dan komedo. Meski pada dasarnya kita tidak bisa benar-benar untuk mengecilkan pori-pori pada wajah, namun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir hal  tersebut.  

Sebelum kamu melakukan hal tersebut, kamu harus tau faktor-faktor penyebabnya.  Disini minwey mau berbagi informasi penyebab pori-pori wajah membesar dan Cara mengecilkannya, penasaran? Yuk disimak…

Apa Sih Penyebabnya?

1. Genetik 

Faktor genetik bisa jadi salah satu penyebab pori-pori membesar

Salah satu faktor penyebab pori-pori wajah kamu membesar bisa jadi karena faktor  genetik (keturunan). Jenis kulit yang berminyak dan juga memiliki kulit tebal merupakan  kondisi yang diturunkan. Artinya, jika orangtua ataupun saudara kandung kamu yang memiliki  kulit berminyak dan pori-pori wajah yang besar, kamu juga akan cenderung memilikinya. 

2. Pori tersumbat 

Debu dan polusi bisa jadi penyebab pori-pori tersumbat

Debu dan polusi yang menumpuk dibawah permukaan kulit dapat masuk kedalam pori pori dan itu akan membuatnya tersumbat dan membesar. Walaupun hal seperti ini sepele,  namun pori-pori yang membesar justru akan membuat permasalahan kulit lainnya, seperti  komedo, jerawat, dan perubahan tekstur kulit. Dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp.KK  mengungakapkan “pori-pori yang tersumbat biasanya disebabkan oleh makeup, debu, dan noda  yang menutup pori-pori, sehingga pori-pori yang tadi tampak terlihat membesar secara  bertahap. Terlebih, nantinya hal ini akan membuat warna dan tekstur kulit jadi terlihat tidal  merata”.

3. Penuaan 

Elastisitas yang berkurang seiring penuaan

Seiring bertambah nya usia kamu, kulitmu akan kehilangan elastisitasnya loh.  akibatnya, kulit kamu pun akan ikut merenggang dan pori-pori juga akan tampak menjadi lebih  besar. Selain itu, pengurangan produksi kolagen pada kulit, yang disebabkan oleh penuaan  ternyata bisa membuat kulit pori-pori kamu tampak lebih besar. 

4. Kerusakan akibat sinar matahari 

Terpapar sinar matahari secara langsung bisa memicu kerusakan kulit wajah

Paparan langsung sinar matahari yang berlebihan dan diiringi dengan gaya hidup yang  buruk, seperti malas menggunakan sunscreen, ternyata dapat memicu kerusakan pada kulit  wajah. Kemudian berimbas pada menebalnya lapisan kulit yang dapat membuat pori-pori lebih  besar.

5. Terlalu sering cuci muka 

Terlalu sering mencuci muka bisa berdampak buruk untuk kulit wajah

Membersihkan wajah adalah hal wajib yang harus kamu lakukan secara rutin agar  kotoran tersebut terangkat dan sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Jika hal  ini tidak dilakukan, wajah mu akan menjadi berjerawat loh. meski kotoran dan sel kulit mati  dapat menyumbat pori-pori wajah mu, ternyata mencuci muka terlalu sering dilakukan justru  dapat menyebabkan pori-pori mu akan membesar. Penggunana sabun ataupun  pembersih yang terlalu berlebihan akan membuat kulit wajah mu iritasi kemudian kulit mu akan menebal dan membuat pori-pori wajah mu membesar.

Cara Mengatasi Pori-Pori Yang Membesar

1. Tingkatkan Kolagen 

Penggunaan produk kolagen untuk mengencangkan kulit

The American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk  menggunakan produk bebas minyak, termasuk makeup berbasis air/water-based. Karena,  produk berbahan water-based tersebut akan menyumbat pori-pori wajah kamu. Sedangkan,  produk berbasis minyak hanya akan membuat pori-pori wajah kamu semakin tampak besar. 

Seiring bertambah usia, tingkat kekenyalan protein dalam kulit mengalami penurunan. Menurut  Dr. Marchbein, “kolagen adalah salah satu komponen terkuat yang berperan mengencangkan  kulit. Saat kekuatannya melemah, maka pori-pori kulit kamu juga menjadi lebih mudah  merenggang dan membuat tekstur kulit wajah tidak sempurna.

2. Cuci muka dua kali sehari 

Cuci muka untuk mencegah penyumbatan

Ternyata rajin mencuci muka dua kali dalam sehari secara rutin dapat mencegah dari  penyumbatan pori-pori dan mengurangi minyak pada wajah loh dear. Kamu bisa mencuci  muka dengan menggunakan air hangat dan facial wash yang mengandung berbahan halus.  Karena facial wash yang berbahannya bersifat keras rentan membuat kulitmu iritasi hingga  peradangan sehingga pori-pori diwajah mu semakin terlihat. Dan juga Ketika kamu sedang  membersihkan wajah, jangan terlalu menggosok-gosok wajah kamu terlalu keras di karenakan  akan menimbulkan iritasi yang beresiko akan menjadi peradangan. Saat kulit meradang, maka  pori-pori diwajahmu akan terlihat besar.

3. Menggunakan produk yang mengandung asam 

AHA BHA untuk menjaga pori-pori wajah tidak membesar
Produk AHA & BHA tidak akan membakar kulitmu

Menggunakan produk yang mengandung asam memang terdengar tidak baik bagi  Kesehatan kulit. Namun untuk jenis kandungan asam seperti alpha hydroxy acids (AHAs) dan  beta hydroxy acids (BHAs) ini dapat menjaga pori pori wajah kamu agar tidak membesar. Dan  kamu tak perlu risau karena AHA dan BHA ini merupakan asam yang tidak akan membakar  kulit kamu. Menurut dokter kulit direktur penelitian kosmetik dan klinis di rumah sakit Mount  Sinai, New York , Joshua Zeichner, M.D ia mengungkapkan “AHA dan BHA akan membantu membuka sel-sel dan permukaan kulit anda untuk membersihkan pori-pori” 

4. Gunakan clay mask 

Clay mask untuk menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori wajah
Clay mask dapat membantu menghilangkan minyak tambahan

Ternyata menggunakan clay mask sekali/dua kali dalam seminggu dapat membantu  dalam menghilangkan minyak tambahan dari pori-pori di wajahmu. Ini di karenakan clay mask  itu sendiri dapat menyerap sebum. Dan juga menghilangkan minyak di wajahmu dapat  membantu mencegah pori-pori membesar dan membuatnya tak tampak terlihat. 

5. Memakai sunscreen 

Sunscreen untuk melindungi kulit dan mencegah pori-pori wajah membesar
Pemakaian sunscreen agar melindungi kulit

Selain fungsi sunscreen itu untuk melindungi kulit mu dari paparan sinar matahari  langsung dan mencegah kanker kulit, ternyata sunscreen juga mempunyai manfaat untuk  mengecilkan pori-pori. Menurut dokter kulit dari Schweiger Dermatologhy di new York,  Rachel Nazarian, M.D “Matahari dapat membuat produksi kolagen pada kulit menurun,  sehingga jika tidak memakai sunscreen, pori-pori akan mudah membesar dan membuat kulit  jadi kendur jika terus menerus terpapar sinar matahari langsung. Ia menyarankan agar kamu  setiap hari untuk selalu mengenakan sunscreen yang mengandung minimal SPF 30. Jika kamu  selalu mengenakan foundation, pilihlah foundation yang mengandung SPF 15. 

Mungkin hanya itu yang bisa minwey bagikan, semoga dari artikel ini, kamu sudah  mengetahui hal hal yang membuat pori-pori di wajahmu membesar dan cara mengatasi nya. Semoga bermanfaat, ya dear !